img-post

gemakeadilan.com- Beberapa peristiwa dimasa lalu sering kali menimbulkan trauma yang mempengaruhi kesehatan mental. Tampaknya narasi ini yang hendak dibangun oleh drama besutan sutradara ternama Park Shin Woo dalam garapannya, Psycho but It’s Okay. Drama yang diperankan oleh Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, Oh Jung Se ini bercerita tentang masa lalu kelam para tokoh yang sangat berpengaruh terhadap mental mereka di masa sekarang. Drama yang baru berjalan empat episode di TvN ini sudah lama ditunggu oleh para pecinta drama korea di bulan Juni terbukti dalam penayangan perdananya mendapat rating 6,1% atau 7% secara rating perolehan nasional.

Kisah diawali dari seorang perawat bangsal rumah sakit jiwa Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) dan kakaknya Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang memiliki gangguan autisme harus berpindah tempat tinggal dalam kurun waktu setahun agar tidak dikejar oleh ‘kupu-kupu’ dalam pelarian tersebut secara kebetulan mereka bertemu dengan penulis buku cerita anak yang berhati dingin Go Moon Young (Seo Ye Ji)

Masa kecil tragis dirasakan Moon Gang Tae, ibunya meninggal secara misterius, menurut Moon Sang Tae, sang ibu dibunuh oleh sosok ‘kupu-kupu’. Hal ini lah yang membuat Moon Gang Tae dan kakaknya harus berpindah tempat setiap tahunnya agar tidak tertangkap oleh sosok ‘kupu-kupu’ yang misterius. Semasa hidupnya sang ibu sangat menyayangi kakak Moon Gang Tae sehingga membuat Moon Gang Tae merasa memiliki tanggung jawab untuk selalu melindungi kakaknya. Tumbuh tanpa sosok ibu dan harus merawat kakaknya yang ‘berbeda’ membentuk Moon Gang Tae menjadi pribadi yang kuat, penyabar, dan cerdas.

Tak kalah misteriusnya, ayah Go Moon Young yang merupakan seorang arsitek harus masuk rumah sakti jiwa dan misteri meninggalnya ibu Goo Moon Young yang merupakan novelis terkenal pada masanya pun meninggalkan tanda tanya sampai episode ke-empatnya. Pertemuan singkat Go Moon Young dan Moon Gang Tae di sebuah Rumah Sakit Jiwa dalam acara dongeng anak memberikan warna baru dalam kehidupan mereka. Sayangnya, setiap pertemuan mereka selalu diwarnai dengan insiden, yang membuat Moon Gang Tae tidak nyaman dengan situasi ini. Namun, Go Moon Young merasa bahwa Moon Gang Tae dapat menahan amarahnya.

Dapatkah mereka merangkul masa lalu mereka hingga saling menyembuhkan lukanya? Siapakah sebenarnya sosok ‘kupu-kupu’ yang membunuh ibu Moon Gang Tae? apa alasan dibalik hancurnya keluarga Go Moon Young? teka-teki inilah yang membuat penonton setia menunggu episode baru tiap mingunya.

Drama Psycho but It’s Okay mengajarkan bahwa setiap pengalaman buruk dan trauma yang kita alami haruslah dihadapi bukan dihindari. Setiap orang punya lukanya masing-masing, ketika bertemu orang yang tepat mereka bisa saling mengobati lukanya.

Park Shin Woo memang tak pernah salah dalam memilih aktor untuk menjadi lakon dalam karyanya, Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji terbilang berhasil dalam melakonkan perannya, meskipun begitu drama ini tidak luput dari kontroversi. Drama ini menuai kritik di episode ketiganya karena terdapat beberapa adegan yang dianggap terlalu vulgar dan mengarah ke pelecehan seksual. Kontroversi ini membuat rating drama ini terjun di angka 4,9% dalam episode keempatnya, tetapi karena akting yang apik serta alur cerita yang membuat penonton setia menantikan episode selanjutnya, ditambah lagi karena drama ini merupakan comeback drama Kim Soo Hyun setelah menyelesaikan agenda wajib militernya.

Selain tayang di TvN  Psycho but It’s Okay juga dapat teman-teman saksikan di aplikasi streaming resmi Netflix yang tela dilengkapi subtitle setiap Sabtu dan Minggu. Sangat disayangkan jika teman-teman tidak menyaksikan drama unggulan weekend TvN yang satu ini.

 

Penulis: Syifa Pramadina RP