img-post

gemakeadilan.com Sebagaimana daerah lain, Semarang tentunya punya jajanan yang melegenda, dong. Bahasan seputar dunia kuliner memang paling cocok saat musim liburan seperti sekarang, apalagi mahasiswa di Semarang berasal dari segala penjuru nusantara. Rasanya gak afdol, kan, kalau tidak mencicipi tempat jajan yang legend? Kali ini, kami hadir untuk memberikan beberapa alternatif tempat kuliner yang pastinya tidak mengecewakan. Ini dia daftarnya:

 

1.    Lunpia Gang Lombok

Makanan tradisional khas Semarang ini tentu harus masuk dalam daftar teratas kuliner yang harus kamu coba. Sebagai kota lumpia, tentunya banyak tempat di Semarang yang menjual makanan trasidional ini. Salah satu yang paling legendaris dan sudah terkenal di kalangan wisatawan adalah Lunpia Gang Lombok yang bertempat di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah. Lunpia Gang Lombok ini termasuk gerai tertua di Semarang yang menjual beragam jenis lumpia yang dibuat secara tradisional. Buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh dari Semarang, Lunpia Gang Lombok ini bisa tahan selama 3 hari untuk variasi lumpia goreng, sedangkan lumpia basah hanya bisa bertahan selama 1 hari.

2.    Toko Oen

Toko Oen menjual beraneka ragam makanan mulai dari es krim sampai makanan berat. Toko Oen sendiri merupakan cabang dari Toko Oen di Yogyakarta yang sudah berkembang di Semarang sejak tahun 1935. Toko yang memiliki interior khas zaman kolonial ini menjual menu utama berupa bistik lidah sapi dan nasi goreng. Selain kamu bisa menikmati makanan berat, kamu bisa mencicip kue kering legendaris Toko Oen yang cocok untuk dijadikan cemilan dan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tak hanya kue, kamu juga bisa menikmati es krim yang dibuat dengan menggunakan mesin dari Italia tahun 1920-an. Terkenalnya toko ini, salah satunya disebabkan oleh cita rasa yang tidak pernah berubah sejak didirikan, jadi kamu bisa menikmati suasana dan rasa khas resep pertama kali toko ini dibuka. Toko Oen ini terletak di Jalan Pemuda Semarang dan buka setiap pukul 10 pagi sampai dengan pukul 10 malam.

3.    Es Puter Cong Lik

Es Puter ini cukup terkenal di Semarang, meski hanya buka setelah pukul 6 sore sampai pukul 11 malam setiap harinya. Es Puter Cong Lik adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba selama di Semarang. Kamu bisa memilih berbagai varian rasa seperti coklat, alpukat, durian, dan kelapa dengan harga Rp10-12 ribu saja per porsinya. Biasanya pada saat bulan puasa tersedia beberapa varian lain seperti nangka, sirsak, kacang hijau, blewah, dan leci. Es puter yang juga disebut dengan es dung dung ini terbuat dari bahan santan sebagai pengganti susu. Salah satu kuliner legendaris ini bertekstur agak kasar dengan perpaduan sensasi manis dan gurih. Es Puter Cong Lik berlokasi di Jalan Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

4.    Pasar Malam Waroeng Semawis

Waroeng Semawis merupakan surga bagi para pecinta kuliner, di pasar malam ini kamu bisa menemukan puluhan pedagang makanan yang beraneka ragam jenisnya. Mulai dari siomay, pisang planet, bakmi jawa, bahkan makanan kekinian seperti churros dan masih banyak lagi. Pasar malam yang berada di Kawasan Pecinan ini hanya buka pada hari Jumat sampai Minggu mulai pukul 6 sore. Kawasan ini sempat ditutup hampir 2 tahun lamanya sebagai dampak pandemi, tetapi sekarang sudah berjalan aktif seperti biasanya.

5.    Tahu Gimbal Pak Edy

Tahu gimbal merupakan makanan berbahan utama tahu goreng dan bakwan udang. Kata 'gimbal' sendiri merupakan sebutan untuk udang oleh masyarakat Semarang. Seporsi tahu gimbal bisa kamu pesan dengan tingkat kepedesan yang berbeda. Adonan bakwan yang dicampur dengan udang lalu tahu goreng dan bakwan itu dipotong kecil-kecil kemudian disiram dengan saus kacang beserta irisan kol, lontong, telur, dan kubis untuk menambah kenikmatannya. Tahu Gimbal Pak Edy ini berlokasi di Jalan Menteri Supeno, Mugasari, Kota Semarang dan buka pada pukul 10 pagi sampai 11 malam.

6.    Lekker Paimo

Wisata kuliner Semarang lain yang wajib dicoba adalah Lekker Paimo yang memiliki keunikan dari lekker lainnya. Perbedaan kue lekker ini daripada lekker di tempat lain adalah tersedianya varian rasa lekker yang gurih dan asin dari bahan keju mozarella dan sosis. Namun jangan khawatir, di sini juga terdapat varian lekker manis seperti coklat, keju, stroberi, dan sebagainya. Kue lekker ini telah ada sejak zaman belanda serta merupakan kuliner khas Semarang dengan rasa yang khas dan berbentuk seperti martabak tetapi lebih garing. Kue Lekker Paimo yang legendaris ini berlokasi di Jalan Karanganyar, No. 37, Brumbungan, Semarang Tengah.

 

Menarik, bukan? Yuk, kulineran!

 

 

Penulis: Putri Zahea

Ediror: Nilam Helga

Sumber Gambar: Ilustrasi Lunpia Semarang (Thinkstock)