img-post

gemakeadilan.com –  Fakultas Hukum Universitas Diponegoro turut merayakan Hari Perempuan Internasional pada Jum’at (08/03). Perayaan ini diselenggarakan oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (PP BEM FH Undip)  dengan menggelar kelas membatik dan pemasangan instalasi Wall of Hopes di area selasar fakultas. Kelas membatik itu turut mengundang Bapak Muri, pemilik Aisy Batik, selaku pembicara dan pengajar pada kegiatan kali ini. Antusiasme warga kampus dalam pelaksanaan kegiatan ini terlihat dari banyaknya jumlah peserta. Kelas membatik bertujuan untuk merayakan Hari Perempuan Internasional dengan memberdayakan komunitas ekonomi perempuan. Sesuai dengan tema Hari Perempuan Internasional tahun ini, “Breaking The Glass Ceiling, Equality and Empowerment”, PP BEM FH Undip ingin mendobrak stereotip bahwa kegiatan membatik hanya identik dengan perempuan, melainkan laki-laki juga dapat turut serta dalam kegiatan tersebut. Dalam perjalanannya, kelas membatik ini menarik perhatian dari berbagai kalangan, tidak hanya mahasiswa, bahkan dosen turut serta dalam kegiatan tersebut.

 

Selain itu, pemasangan instalasi Wall of Hopes yang disediakan sejak Rabu (05/03) tentunya menyita perhatian para sivitas akademika untuk ikut menyampaikan harapan-harapannya bagi para perempuan di seluruh dunia. Selain itu, keberadaan Wall of Hopes turut menjadi sarana refleksi bagi para mahasiswa dalam memaknai Hari Perempuan Internasional. Harapan-harapan yang terpampang pada instalasi tersebut pasti akan memantik berbagai pertanyaan bagi mereka, “Sudahkah harapan-harapan tersebut tercapai? Jika belum, sekiranya kapan hal tersebut dapat tercapai?”


Berikut adalah beberapa harapan yang tertulis dalam Wall of Hopes hingga tulisan ini dimuat:


“Aku berharap semoga kedepannya gak ada ketimpangan gender lagi untuk para perempuan dalam meraih mimpi.”

 

“Kita perempuan, kita bisa jadi apa yang kita impikan, kita punya kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.”


“Happy International Women's Day! Semoga semua perempuan bisa jadi perempuan yang berdaya, bahagia, dan dikelilingi kebaikan dalam hidupnya!”

Kegiatan yang diselenggarakan oleh bidang PP BEM FH Undip ini berhasil mengajak para sivitas akademika untuk turut menyemarakkan Hari Perempuan Internasional serta memberi ruang bagi mereka dalam menyampaikan aspirasi dan apresiasinya bagi para perempuan di seluruh dunia.


Penulis : Nasywa Julia Tiaradevi

Reporter : Nasywa Julia Tiaradevi

Editor : Muhammad Victor Ali, Hanifah Febri Annisa

Sumber Gambar :  Dokumen Pribadi