img-post

gemakeadilan.com – Fun Mini Tournament futsal antar Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) yang rutin diselenggarakan tahunan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Bola Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (UKM-F Bola FH Undip) kembali diselenggarakan tahun ini. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Sabtu (16/03) hingga Minggu (17/03) bertempat di Gor Futsal Stadion Universitas Diponegoro dari pukul 20.00 sampai pukul 23.07 WIB pada hari Sabtu, dan dimulai kembali pada hari Minggu pukul 20.06 sampai 00.20 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai Ormawa se-FH, antara lain, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum, Senat Mahasiswa Fakultas Hukum, Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), Kelompok Riset dan Debat (KRD), Kelompok Studi Hukum Islam (KSHI), Asian Law Student Association (ALSA), Pseudorechtspraak, dan UKM Beladiri.


Muhammad Masrukhan, selaku Project Officer dari Ormawa Cup tahun ini menyampaikan bahwa penyelenggaraan turnamen bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar Ormawa se-FH.


“Tujuan dari Ormawa Cup adalah untuk menciptakan bonding serta mempererat silaturahmi antar anggota UKM masing-masing, dan juga antar UKM internal se-FH,” terang Masrukhan.


Masrukhan juga menyebutkan bahwa dalam keberjalanan turnamen ini, tidak semua UKM dapat turut berpartisipasi. Ada beberapa alasan yang membuat UKM tersebut absen dalam kegiatan ini, seperti pelaksanaan Ormawa Cup yang bertabrakan dengan agenda latihan dasar UKM tersebut, ataupun minimnya sumber daya manusia pada UKM tersebut, mengingat jumlah pemain yang harus terdaftar minimal terdiri atas 6 pemain dengan komposisi 5 orang sebagai pemain dan 1 orang sebagai official team.


Pelaksanaan Ormawa Cup pada tahun ini dilakukan dengan mekanisme penyisihan babak grup pada hari pertama, serta semifinal dan final di hari kedua. Adapun Fun Mini Tournament ini dimenangkan oleh ALSA dengan perolehan skor 2-0 dengan PMK selaku runner up dalam turnamen ini, serta Pseudorechtspraak yang memperoleh posisi ketiga pada pertandingan ini. Selain itu, turnamen ini juga memberikan penghargaan untuk best supporter yang dimenangkan oleh Senat FH Undip, dan Top Scorer oleh Diba dari PMK.


Dipta, selaku kapten tim Alsa tidak menyangka timnya berhasil memenangkan Ormawa Cup tahun ini.


“Jujur, pertama saya gak nyangka banget karena ini pertama kali bagi saya untuk ikut serta Ormawa Cup FH Undip. Saya kira dengan potensi yang saya punya, saya akan kalah dengan tim ormawa lain karena rata-rata yang main adalah angkatan atas. Tapi ternyata karena kami sangat kompak, jadi alhamdulillah bisa ambil piala juara satu,” ungkap Dipta.


Dipta juga menyampaikan harapannya untuk Ormawa Cup tahun depan.


“Harapan untuk kedepannya dengan kualitas panitia dan penyelenggaraan acara yang sudah cukup baik, saya harap untuk Ormawa Cup tahun depan bisa lebih banyak lagi organisasi yang ikut serta,” tutur Dipta.


Penulis: Nasywa Julia Tiaradevi

Reporter: Nasywa Julia Tiaradevi dan Khaiqal Pranata 

Editor: Hanifah Febri Annisa

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi Reporter