Lembaga Pers Mahasiswa Gema Keadilan

LPM Gema Keadilan merupakan UKM-F yang telah berdiri sejak Maret 1977. Sudah 44 tahun LPM Gema Keadilan lahir berkelana di dunia pers memang waktu yang cukup lama, ibarat manusia usianya sudah dipertengahan abad, cukup matang. Organisasi ini berawal dari Majalah Mahasiswa yang berisi artikel-artikel keilmuan di bidang Hukum.

Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi perubahan status dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum dan Sosial menjadi Universitras Diponegoro sehingga Majalah Mahasiswa diubah menjadi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) LPM Gema Keadilan di bawah naungan Fakultas Hukum Undip. LPM Gema Keadilan pernah vakum di tahun 1997, namun kevakuman itu tak bertahan lama, di tahun 2002 LPM Gema Keadilan kembali berdirii dengan membawakan Jargon, “Aktif, Dinamis, Kritis” sebagai penggelora semangat kebangkitan organisasi ini. Dalam mengarungi beratnya ranah jurnalistik, organisasi ini selalu membawakan jargon kebanggannya sebagai pelecut semangat.

banner

Kehidupan organisasi di LPM Gema Keadilan selain berkaitan dengan kepenulisan dalam divisi Redaksi, adapun yang bergerak dalam pengembangan sumber daya manusia yang di wadahi dalam divisi PSDM, penelitian dan pengembangan dalam divisi Litbang dan hubungan masyarakat dalam divisi Humas serta dalam hal perusahaan di divisi Perusahaan. Tentu dari kelima divisi tersebut memiliki tugas dan fungsi masing-masing yang menyokong kinerja dari LPM Gema Keadilan menjadi satu kesatuan. Karena organisasi merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi, menggali akal, budi dan tentu nurani.

Divisi Bidang

...
...
...
...
...

VISI

Mengembangkan anggota LPM GK FH Undip menjadi seorang jurnalis yang aktif, dinamis, dan kritis dalam kerangka profesionalitas dan kekeluargaan.

MISI

1. Menjalankan fungsi pers dengan tidak melanggar undang-undang pers.

2. Melakukan kajian-kajian kebijakan di tingkat Fakultas, Universitas, Regional, Nasional, dan Internasional.

3. Melakukan advokasi terhadap hasil kajian-kajian kebijakan yang dianggap perlu.

4. Menciptakan dan mengembangkan LPM GK FH Undip sebagai Laboratorium (organisasi belajar).

5. Mengembangkan produk jurnalistik yang berasaskan nilai dan norma kemanusiaan serta solusi yang implementatif.

6. Membangun jaringan kerja dan komunikasi antar lembaga pers dan stakeholders terkait dengan mengembangkan profesionalitas.

7. Mendorong kerjasama yang bersifat sukarela antara lembaga kemahasiswaan guna mengintegrasikan pendekatan partisipasi dalam program/ kegiatan kemahasiswaan.

8. Mengembangkan potensi, baik kreatif maupun keilmuan yang humanis.

Struktur Organisasi

...